Penyebab Berat Badan Tidak Turun Walau Sudah Berolahraga

Sudah pernahkah kamu olahraga serta diet mati-matian tapi berat tubuh tidak segera turun? Merasakan benar-benar sebal, geram serta frustrasi sebab hasilnya tidak sesuai usaha? Bisa saja, kamu alami weight loss plateau! Ini ialah keadaan dimana berat tubuh tidak segera beralih walaupun kita telah olahraga serta mengubah skema makan.

 

Ingin tahu selanjutnya masalah weight loss plateau? Ketahui serta gali lebih dalam melalui artikel di bawah ini! Baca sampai habis, ya!

  1. Keadaan dimana tidak ada penurunan berat tubuh walaupun telah olahraga serta diet

Saat kita olahraga serta diet, kita berekspektasi jika berat tubuh akan turun. Tetapi, bila berat tubuh masih di angka yang sama, bisa saja kamu alami weight loss plateau. Sebab berat tubuh tidak segera turun, pada akhirnya beberapa orang yang putuskan menyerah serta tidak meneruskan olahraga atau diet yang mereka kerjakan awalnya.

 

Banyak orang berpikir jika berat tubuh akan turun bila mereka membakar makin banyak kalori dibanding yang dikonsumsi. Tapi, ini tidak sederhana kelihatannya. Terdapat beberapa unsur lain yang mengubah penurunan berat tubuh seperti hormon, lingkungan, genetik serta rutinitas, jelas situs Medical News Today.

 

  1. Umumnya, berlangsung 6 bulan sesudah jalani diet rendah kalori

Saat kamu ada di babak weight loss plateau, karena itu berat tubuh akan susah turun. Serta, walau kamu olahraga atau mengubah skema makan. Berdasar riset, weight loss plateau berlangsung sesudah 6 bulan jalani diet rendah kalori, papar situs Medical News Today. Bagaimana penuturannya?

 

Ada banyak teori yang dapat menerangkan kejadian weight loss plateau, salah satunya ialah metabolisme akan melambat bila satu orang turunkan berat tubuh secara cepat. Teori yang lain menyebutkan jika badan menyesuaikan dengan penurunan berat tubuh serta pada akhirnya berat tubuh condong bertahan di angka yang sama.

  1. Dianjurkan untuk tingkatkan intensif olahraga

Apa kita dapat selamat dari ‘jeratan’ weight loss plateau? Tentunya dapat, ini bukanlah akhir dari dunia! Diantaranya dengan tingkatkan intensif olahraga yang lebih keras dari umumnya. Paling tidak, kamu butuh olahraga intensif sedang sepanjang 150-300 menit tiap minggu serta 75-150 menit per minggu untuk intensif kuat.

 

Menurut Medical News Today, orang yang olahraga dengan intensif sedang sepanjang 300 menit per minggu akan membuat otot kuat, tingkat kesehatan bertambah serta alami penurunan berat tubuh dengan relevan. Tentu saja, bila olahraga ini dikerjakan dengan berkelanjutan serta teratur, ya!

 

  1. Awalilah membuat jurnal makanan yang kita mengkonsumsi

Mungkin kamu akan berpikir, “Repot sangat harus mencatat tiap makanan yang kita makan?”. Yep, membuat jurnal makanan memang memerlukan usaha lebih. Menurut riset, orang yang tidak mencatat makanan yang dikonsumsi condong alami penambahan massa lemak, jelas situs Medical News Today.

 

Diluar itu, mereka condong mempunyai indeks massa badan (BMI) tambah tinggi, tingkat depresi semakin besar, makin banyak lemak visceral (lemak yang ada dibagian perut) serta condong lebih sedikit konsumsi buah dan sayuran. Menulis jurnal makanan membuat kamu tahu jumlahnya kalori yang dikonsumsi sehari-harinya. FYI, kamu tidak butuh menulis jurnal di buku sebab ada aplikasi yang dapat mencatatnya di gadget kita.

 

  1. Penurunan berat tubuh tidak berlangsung saat kamu depresi

Berdasar riset, berat tubuh akan susah turun bila kita depresi. Pada sebuah studi, periset memperhatikan dua barisan orang yang alami obesitas. Satu barisan terima pendapat untuk jalani kehidupan sehat serta berperan serta dalam program manajemen depresi, sesaat barisan ke-2 cuma terima pendapat saja.

 

Bagaimana hasil yang didapat? Peserta dalam barisan yang ikuti program manajemen depresi alami penurunan BMI yang lebih relevan dibanding barisan lain yang cuma terima pendapat saja, papar situs Medical News Today. Bila kamu ingin turunkan berat tubuh, jangan pernah depresi atau banyak beban pemikiran, ya!

  1. Makan makin banyak serat serta sayuran

Umumnya, kita alami weight loss plateau sebab kita tidak disiplin dengan diet. Kita mulai cheating dengan konsumsi makanan kalori tinggi dengan bagian yang besar. Makanan tinggi serat seperti buah, sayuran, biji-bijian serta kacang-kacangan akan menolong kamu yang ada di babak weight loss plateau.

 

Diluar itu, naikkan mengkonsumsi sayuran yang kita makan sehari-harinya. Sayuran dapat kurangi efek kenaikan berat tubuh serta obesitas. Faedah yang lain ialah sayuran dapat membuat orang merasakan kenyang, kurangi kemauan makan terlalu berlebih serta dapat turunkan berat tubuh, jelas situs Medical News Today.

 

  1. Jangan pernah kekurangan tidur

Satu hal yang tidak kalah penting, kamu butuh tidur cukup sehari-harinya. Untuk orang dewasa, dianjurkan untuk tidur sepanjang 7-8 satu hari. Berdasar riset yang diedarkan di International Journal of Obesity, orang yang tidur cukup akan berpengaruh positif pada penurunan berat tubuh, jelas situs Medical News Today.

 

Orang yang tidur sepanjang 7-9 jam per malam alami penurunan lingkar pinggang makin banyak dibanding orang yang tidur kurang dari 6 jam dalam satu hari. That’s why, kamu butuh tingkatkan waktu serta kualitas tidur untuk membebaskanmu dari weight loss plateau. Selekasnya coba serta tunjukkan!

Nah, itu keterangan mengenai weight loss plateau serta bagaimanakah cara menghindarinya. Sekarang, rasa penasaranmu sudah terjawab!

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Nantikan artikel kami selanjutnya.

Advertisements

Tinggalkan Balasan