Macam-Macam Budaya serta Seni Warga Sunda Jawa Barat

KTD-Suku Sunda merupaka suku yang ada di Propinsi Jawa Barat. Suku sunda salah satu suku yang punya beberapa kebudayaan wilayah, salah satunya baju tradisional, kesenian tradisional, bahasa wilayah, dan lain-lain.

Jenis jenis seni serta budaya warga Sunda, Jawa Barat :

  1. Baju Tradisi/Ciri khas jawa Barat

Suku sunda memiliki baju tradisi/tradisional yang benar-benar populer, yakni kebaya. Kebaya adalah baju ciri khas Jawa Barat yang benar-benar populer, hingga sekarang kebaya tidak cuma jadi baju ciri khas sunda saja tapi telah jadi baju tradisi nasinal. Itu adalah satu bukti jika kebudayaan wilayah adalah sisi dari kebudayaan nasional.

  1. Wayang Golek

Wayang Golek adalah kesenian tradisional dari Jawa Barat yakni kesenian yang menapilkan serta membawakan jalur satu narasi yang bersejarah. Wayang Golek ini tampilkan golek yakni seperti boneka yang dibuat dari kayu yang memainkan tokoh khusus dalam narasi pawayangan dan dimainkan oleh seorang Dalang serta disertai oleh nyanyian dan iringan musik tradisionil Jawa Barat yang disebutkan dengan degung.

  1. Jaipong

Jaipong adalah tarian tradisionil dari Jawa Barat, yang umumnya tampilkan penari dengan memakai baju ciri khas Jawa Barat yang disebutkan kebaya, dan disertai musik tradisionil Jawa Bart yang disebutkan Musik Jaipong.

Jaipong ini umumnya dimainkan oleh seseorang atau sekumpulan penari yang menarikan berakan – pergerakan ciri khas tari jaipong.

  1. Degung

Degung sesuatu kesenian sunda yang biasanya dimainkan pada acara hajatan. Kesenian degung ini dipakai jadi musik pengiring/pengantar.

Degung ini adalah kombinasi dari perlengkapan musik ciri khas Jawa Barat yakni, gendang, goong, kempul, saron, bonang, kacapi, suling, rebab, dan lain-lain.

Degung adalah salah-satu kesenian yang paling terkenal di Jawa Barat, sebab iringan musik degung ini tetap dipakai dalam tiap acara hajatan yang masih berpedoman tradisi tradisionil, disamping itu musik degung dipakai sebgai musik pengiring hampir pada tiap pergelaran seni tradisionil Jawa Barat yang lain.

  1. Rampak Gendang

Rampak Gendang adalah kesenian yang datang dari Jawa Barat. Rampak Gendang ini ialah pemainan menabuh gendang dengan bersama dengan memakai irama khusus dan memakai beberapa cara khusus untuk mengerjakannya, biasanya dimainkan oleh lebih dari empat orang yang sudah memiliki ketrampilan spesial dalam menabuh gendang. Umumnya rampak gendang ini diselenggarakan pada acara pesta atau pada acara ritual.

  1. Calung

Di wilayah Jawa Barat ada kesenian yang disebutkan Calung, calung ini ialah kesenian yang dibawakan dengan memukul/mengetuk bambu yang sudah dipotong serta dibuat demikian rupa dengan pemukul/pentungan kecil hingga membuahkan nada-nada yang ciri khas.

Umumnya calung ini ditunjukkan dengan dibawakan oleh 5 orang atau lebih. Calung ini umumnya dipakai jadi pengiring nyanyian sunda atau pengiring dalam lelucon.

  1. Pencak Silat

Pencak silat adalah kesenian yang datang dari wilayah Jawa Barat, yang sekarang telah jadi kesenian Nasional.

Sebelumnya pencak Silat ini adalah tarian yang memakai pergerakan khusus yang gerakannya itu seperti dengan pergerakan bela diri. Biasanya pencak silat ini dibawakan oleh dua orang atau lebih, dengan menggunakan baju yang serba hitam, memakai ikat pinggang berbahan kain yang diikatkan dipinggang, dan menggunakan ikat kepala berbahan kain yang orang sunda mengatakan Iket.

Biasanya kesenian pencaksilat ini ditunjukkan dengan disertai oleh musik yang disebutkan gendang penca, yakni musik pengiring yang alat musiknya memakai gendang serta terompet.

  1. Sisingaan

Sisingaan adalah kesenian yang datang dari wilayah Subang Jawa barat. Kesenian ini ditunjukkan dengan menggotong patung yang berupa seperti singa yang ditunggangi oleh anak kecil serta digotong oleh empat orang dan disertai oleh tabuhan gendang serta terompet. Kesenian ini umumnya ditunjukkan pada acara peringatan hari-hari bersejarah.

  1. Kuda Lumping

Kuda Lumping adalah kesenian yang beda dari lainnya, sebab dimainkan dengan mengundang roh halus hingga orang yang akan memainkannya seperti kesurupan. Kesenian ini dimainkan dengan orang yang telah kesurupan itu tunggangi kayu yang dibuat seperti kuda dan diringi dengan tabuhan gendang serta terompet.

Keanehan kesenian ini ialah orang yang memainkannya akan dapat mengonsumsi kaca dan rumput. Disamping itu orang yang memainkannya akan dicambuk seperti dalam menyambuk kuda. Umumnya kesenian ini di pimpin oleh seorang pawang.

Kesenian ini adalah kesenian yang dalam memainkannya memerlukan ketrampilan yang benar-benar husus, sebab adalah kesenian yang cukup beresiko.

  1. Bajidoran

Bajidoran sesuatu kesenian yang dalam memainkannya hampir serupa dengan permainan musik kekinian, hanya lagu yang dialunkan adalah lagu tradisional atau lagu wilayah Jawa Barat dan beberapa alat musik yang digunakannya ialah beberapa alat musik tradisional Jawa Barat seperti Gendang, Goong, Saron, Bonang, Kacapi, Rebab, Jenglong dan Terompet. Bajidoran ini umumnya ditunjukkan dalam satu panggung dalam acara pertunjukan atau acara pesta.

 

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Nantikan artikel kami selanjutnya.


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.