Langkah-Langkah Budidaya Ikan Nila untuk Pemula

Kata siapa budidaya ikan nila itu susah? Nyatanya, langkah budidaya ikan nila itu gampang, lho. Perlu untuk diketahui, jika ikan nila ini masih saudaraan dengan ikan mujair. Jadi, dapat disebutkan jika budidaya ikan nila ini hampir seperti dengan budidaya ikan mujair. Sebab ke-2 ikan ini punya karakter yang hampir seperti. Beberapa orang yang katakan jika ke-2 ikan ini saudara kembar. Serta banyak orang masih susah untuk memperbedakan keduanya.

Ikan nila adalah tipe ikan yang punya karakter perkembangbiakan yang baik. Jadi, dapat disebutkan jika budidaya ikan nila ini benar-benar memberikan keuntungan, sebab bisa berkembangbiak dengan gampang. Hingga peluang, ikan nila ini banyak sekali serta gampang dalam peranakannya.

Tidak cuma berkembangbiak dengan gampang, jika ikan nila ini benar-benar gampang sekali menyesuaikan. Jadi, di lingkungan mana juga, ikan nila ini masih dapat bertahan hidup. Kita juga bisa temukan ikan nila ini di alam bebas di wilayah air tawar seperti sungai, danau, rawa, serta waduk. Jadi, Anda dapat cari ikan nila ini di perairan air tawar.

Tetapi, meskipun ikan nila ini bisa menyesuaikan dengan gampang serta bisa bertahan hidup di perairan tawar mana saja, alangkah lebih baiknya ikan nila ini ada di perairan yang punya suhu seputar 25 – 30° C. tidak cuma suhu air jadi referensi perairan ikan nila, keasaman air juga sebagai referensi budidaya ikan nila. Anda dapat memakai perairan dengan keasaman seputar 7 sampai 8 pH. Suhu serta keasaman tersebutlah yang disebut referensi perairan untuk budidaya ikan nila.

Bila bertanya pakan ikan nila, sebetulnya termasuk gampang anggota pakan pada ikan nila. Sebab ikan nila ini termasuk ikan pemakan semua atau biasa dikatakan sebagai ikan omnivora. Jadi, Anda cukup gampang untuk memberikan pakan ikan nila ini. Tetapi, biasanya ikan nila ini makanannya ialah plankton serta beberapa tumbuhan air. Jadi, Anda dapat sediakan beberapa plankton serta tumbuhan air jadi pakan penting ikan nila ini untuk penuhi gizi serta nutrisi pada ikan nila.

Tidak cuma beberapa tumbuhan air, hewan-hewan kecil di air juga dapat juga jadikan jadi pakan ikan nila. Tetapi, ikan pakan ikan nila yang baik ialah pakan yang memiliki kandungan protein sekitar 25%. Protein perlu untuk kesehatan serta perkembangan ikan nila. Itu penyebabnya, pakan ikan nila di market serta beberapa toko peternakan juga relatif murah.



Pilih Benih Ikan Nila

Langkah budidaya ikan nila yang pertama ialah pilih benih yang bermutu. Penentuan benih ikan nila ini dapat disebutkan jadi unsur referensi atau unsur penting dari faktor-faktor yang lain. Sebab unsur ini adalah titik awal yang bisa memastikan kesuksesan dari budidaya ikan nila ini. Tetapi, bukan bermakna faktor-faktor lain termasuk tidak penting, semua penting juga sebab semua sama-sama berkaitan serta terkait.

berkelamin jantan. Ini dapat membawa hasil yang optimal dibanding Anda pilih benih ikan nila yang betina. Mengapa dapat demikian? Hal tersebut dikarenakan jika ikan nilai yang berkelamin jantan ini 40% bertambah cepat dibanding ikan nila berkelamin betina dari sisi perkembangannya.

Jadi, tidak salah, bila Anda seringkali lihat ikan-ikan nila yang besar atau dewasa di sejumlah toko ikan ini umumnya ikan nila yang berkelamin jantan. Sebab ikan nila jantan perkembangannya bertambah cepat dibanding dengan ikan nila betina.

Perlu untuk diketahui, jika dalam budidaya ikan nila, semakin lebih muda membudidaya ikan nila yang dikerjakan dengan monosex alias berkelamin tunggal. Sebab langkah budidaya ikan nila dengan monosex ini akan tingkatkan produktivitas bila dibanding dengan budidaya langkah kombinasi. Ini karena disebabkan terdapatnya karakter dari ikan nila tersebut yang sifatnya gampang memijah atau gampangnya mereka lakukan perkawinan sendiri. Berlainan perihal budidaya dengan kombinasi.

Budidaya ikan nila dengan kombinasi ini dapat membuat daya ikan cepat habis sebab seringkali memerlukan tenaga tambahan dalam pemijahan mereka. Adanya daya yang cepat terkuras, karena itu ini bisa menghalangi perkembangan dari ikan nila itu sebab daya telah terkuras habis pada saat pemijahan mereka. Sayang-sayang kan?

Itu penyebabnya, mulai banyak beberapa peternak ikan yang mulai memakai cara monosex. Hingga umumnya peternak ikan saat ini, lebih pilih benih ikan yang monosex dibanding benih ikan nila yang kombinasi.


Tags:,

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.