Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Yang Bisa Dicoba Dirumah

Flu memanglah bukan penyakit berat. Tetapi, dampaknya mengganggu kehidupan kita seharian. Siapa sich yang tidak sebal saat hidung kita terhalang?

Bernapas jadi susah serta suara jadi sengau. Calm down, kamu dapat menanganinya dengan gampang. Beberapa cara simpel ini mujarab untuk taklukkan hidung terhalang. Tulis yuk!

  1. Mandi dengan air hangat

Orangtua merekomendasikan kita untuk mandi air hangat jika sedang merasakan tidak enak tubuh. Rupanya, itu berlaku saat kita alami hidung terhalang! Uap dari air hangat menolong menipiskan lendir di hidung serta kurangi peradangan, papar situs Health Line. Sesudahnya, kamu akan merasakan hidungmu sedikit akan lega.

 

Langkah yang lain dengan menyimpan air panas di wadah, lalu hirup uapnya. Biarlah uap tercipta, lalu tarik napas dalam-dalam. Tetapi, lihatlah durasinya supaya tidak memunculkan sensasi terbakar di muka, ya!

 

  1. Minuman hangat

Tidak hanya mandi air hangat, minuman hangat menolong menurunkan hidung terhalang. Situs Everyday Health yakini jika cairan panas dapat memudahkan hidung terhalang.

 

Kamu dapat konsumsi teh atau jahe hangat sambil makan sup atau mie kuah. Diluar itu, kamu dapat juga minum air panas dengan kombinasi madu serta lemon. Pasti, permasalahan di hidungmu sedikit akan surut.

  1. Mengkonsumsi vitamin C makin banyak

Telah sejak dari lama vitamin C dengan khasiatnya yang melimpah. Terhitung dalam menurunkan hidung terhalang!

Scott P. Stringer, profesor dari University of Missisipi mengutarakan jika vitamin C bisa menyingkat waktu flu serta kurangi tanda-tanda hidung terhalang, demikian katanya dari situs Everyday Health. Vitamin C ini bisa kamu dapatkan berbahan alami seperti buah-buahan atau berbentuk suplemen.

 

  1. Mengompres sisi hidung dengan air hangat

Kompres tidak cuma berguna untuk menurunkan demam, dan juga menangani hidung terhalang, lho! Cukup simpan kompres dengan air hangat di seputar hidung, lalu rasakan bedanya.

 

Sensasi hangat yang merasa di ruang hidung akan perlahan melegakan saluran darah serta membuat kamu merasakan lebih baik. Kita dapat memakai kain yang sudah di rendam air hangat, lalu peras serta lekatkan ke ruang hidung, pendapat situs Everyday Health.

 

  1. Mengkonsumsi makanan pedas

Setelah makan pedas, tidak jarang-jarang kita langsung berkeringat serta keluarkan cairan dari hidung. Nyatanya, dampak itu berlaku untuk menurunkan hidung terhalang!

 

Makanan pedas ialah langkah alami untuk buka aliran hidung serta membuat lendir mengalir, papar situs Taste of Home. Senyawa dalam cabai, capsaicin, diakui dapat memudahkan sinus, kurangi peradangan serta menurunkan hidung terhalang.

  1. Menghirup minyak kayu putih

Aroma minyak kayu putih memang berasa menusuk, tetapi siapa kira bila itu cukup efisien untuk menurunkan hidung terhalang? Cukup tempatkan dibawah hidung lalu hirup dengan lembut, karena itu aromanya akan melapangkan sinus.

 

Tidak cuma minyak kayu putih, kamu dapat juga gunakan zat aromatik lain seperti mentol, minyak peppermint atau minyak eucalyptus. Coba deh!

 

  1. Menempatkan bantal penambahan saat tidur

Tempat tidur yang baik tidak cuma punya pengaruh pada kualitas tidur. Dan juga mempunyai dampak dalam menurunkan hidung terhalang.

 

Spesial saat hidung macet, tempatkan bantal penambahan di kepala saat kita tidur. Bantal penambahan akan jaga kepala kita sedikit tegak, hingga bisa menolong pernafasan waktu tidur. Dibanding merasakan sesak, coba deh kerjakan!

Nah, itu 7 langkah simpel yang dapat menurunkan hidung terhalang. Jika kamu sendiri, mana yang paling punya pengaruh?

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Nantikan artikel kami selanjutnya.

Advertisements

Tinggalkan Balasan