Daftar 10 Hal Disekitar Kita Yang Dapat Memicu Timbulnya Kanker

Kanker ialah penyakit yang ditakuti serta dijauhi oleh beberapa orang. Berdasar laporan yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO) di tahun 2018, kanker mengakibatkan kematian pada 9,6 juta jiwa di penjuru dunia. Salah satunya pemicu kanker ialah benda, makanan serta hal-hal lain yang berbentuk karsinogenik.

Suatu hal yang berbentuk karsinogenik berada di seputar kita tanpa ada diakui. Berikut beberapa hal yang berbentuk karsinogenik serta harus kita jauhi! Baca sedetailnya berikut ini!

Advertisements
  1. Rokok

Rokok banyak dihubungkan dengan permasalahan kesehatan serta efek penyakit. Asap tembakau terbagi dalam beberapa ribu bahan kimia, terhitung 70 zat yang mengakibatkan kanker, jelas situs American Cancer Society. Zat kimia pemicu kanker dikatakan sebagai karsinogen. Bahan kimia yang disebut diantaranya nikotin, hidrogen sianida, formaldehida serta arsenik.

 

Diluar itu, ada juga timbal, amonia, uranium, benzena, karbon monoksida, nitrosamin serta hidrokarbon aromatik polisiklik. Tidak cuma menyebabkan kanker, rokok mengakibatkan penyakit paru-paru, jantung, katarak, stroke dan lain-lain. Memang, melepas diri dari rokok itu susah, tetapi tidak ada kelirunya untuk coba terlebih dulu.

 

  1. Cahaya ultraviolet

Kamu seringkali habiskan waktu di luar ruang waktu matahari sedang terik? Berhati-hati, sebab cahaya ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari berbentuk karsinogenik, lho! Cahaya matahari yang diserap oleh kulit dapat mengakibatkan kerusakan beberapa sel kulit serta mengakibatkan kanker kulit, papar situs Situs MD.

 

Cahaya ultraviolet ini dibagi jadi tiga type, yaitu UVA, UVB serta UVC. Ketiganya dibedakan berdasar panjang gelombang matahari yang sampai permukaan bumi. Cahaya UVC ialah cahaya dengan gelombang terpendek, sesaat cahaya UVA ialah cahaya dengan gelombang terpanjang serta paling beresiko. Membuat perlindungan, gunakan baju yang menutupi permukaan kulit, gunakan tabir surya, gunakan topi serta kacamata hitam.

  1. Daging olahan

Kamu suka makan sosis, bacon, ham atau peperoni? Walau nikmat di lidah, nampaknya kamu harus kurangi mengonsumsi daging olahan. WHO mengklasifikasikan daging olahan jadi karsinogen group 1 serta dapat mengakibatkan kanker, jelas situs Cancer Council. Wah, sayang sekali, ya!

 

Serta, makan lebih dari 700 gr daging merah dalam satu minggu dapat tingkatkan efek terserang kanker usus! Efek terserang kanker usus akan naik sekitar 1,18 kali tiap 50 gr daging olahan yang dikonsumsi tiap hari. Bila kamu masih menyayangi organ pencernaanmu, lebih baik kurangi mengonsumsi daging olahan, ya!

 

  1. Gas buangan dari mesin kendaraan

Terserang gas buangan dari knalpot kendaraan memang menjengkelkan. Ditambah lagi, kendaraan yang memakai bahan bakar diesel seperti truk, bis serta beberapa mobil keluaran usang. Nyatanya, gas buangan atau jelaga dari knalpot mesin diesel dapat menyebabkan kanker paru-paru serta type kanker lain, tutur situs Situs MD.

 

Akan susah menghindarkan gas buangan dari knalpot kendaraan, ditambah lagi bila kamu ialah pengendara motor, sepeda atau pejalan kaki. Menggunakan masker benar-benar dianjurkan untuk meminimalisir gas terhirup ke paru-paru kita. Sesaat, menurut International Agency for Research on Cancer (IARC), gas itu dapat mengakibatkan kanker kandung kemih.

  1. Makanan yang dibakar atau dipanggang

Kamu pencinta sate, ayam bakar serta semacamnya? Yep, siapa sich yang dapat menampik kesenangan dari makanan ini? Tetapi, makanan yang diolah dengan dibakar atau dipanggang mempunyai karakter karsinogenik. Lebih, jika makanan itu overcooked sampai gosong. Efek kanker juga siap menghantuimu!

 

Ini sebab makanan itu diproses dengan suhu tinggi. Sesaat, memasak makanan dengan temperatur tinggi akan membuat reaksi kimia di antara asam amino, kreatin serta gula. Reaksi ini dapat membuahkan karsinogen serta mutagen beresiko yang dapat mengakibatkan kerusakan DNA kita, papar situs Precision Nutrition.

 

  1. Polusi udara

Beberapa kota mempunyai kualitas udara yang jelek serta tercemar. Sebabnya beberapa macam, dapat dari gas buangan kendaraan, asap pabrik, asap kebakaran rimba, asap pembakaran sampah dan lain-lain. Tidak cuma menyebabkan penyakit aliran pernafasan, polusi udara berbentuk karsinogenik serta dapat menyebabkan kanker, lho!

 

Udara yang tercemar memiliki kandungan debu serta jejak logam yang dapat mengakibatkan kanker. Berdasar data dari International Agency for Research on Cancer (IARC) di tahun 2010, seputar 223.000 kematian karena kanker paru-paru di penjuru dunia terkait dengan polusi udara, jelas situs Scientific American. Janganlah lupa jagalah diri dengan masker!

  1. Alkohol

Alkohol bukan sekedar terkait dengan penyakit pada organ hati, dan juga terkait dengan kanker! Mempunyai karakter karsinogenik, alkohol dapat mengakibatkan beberapa macam kanker seperti kanker payudara, hati serta kolorektal. Data dari situs Cancer Research UK menyebutkan jika minum alkohol dapat mengakibatkan 11.900 masalah kanker di Inggris.

 

Menurut beberapa pakar, ada bahan kimia karsinogenik yang ada pada bir, anggur serta minuman keras, lebih waktu proses membuatnya. Bukan bermakna kamu tidak dapat minum alkohol benar-benar. Dianjurkan supaya kita batasi mengonsumsi alkohol untuk menahan kanker. Wanita tidak bisa minum lebih dari 1 gelas serta lelaki batasannya 2 gelas /hari.

 

  1. Formaldehida

Formaldehida seringkali diketemukan di furniture atau furniture, seperti meja, rack buku, tempat tidur, almari serta produk memiliki bahan kayu yang lain. Walau sebenarnya, formaldehida berbentuk karsinogenik serta dapat mengakibatkan kanker. Berdasar riset yang dikerjakan pada tikus di laboratorium, diketemukan jika hirup formaldehida dapat menyebabkan terbentuknya kanker hidung, jelas situs National Cancer Institute.

  1. Asbes

Rumahmu menggunakan asbes jadi atap? Asbes memang umum dipakai jadi atap satu tempat tinggal.

Tetapi bila serat-serat asbes lepas serta kita tidak menyengaja menghirupnya, serat-serat ini dapat bersarang di paru-paru. Diluar itu, asbes berbentuk karsinogenik serta dapat tingkatkan efek terserang kanker, jelas situs Situs MD.

 

  1. Radon

Paling akhir, kamu butuh menghindarkan radon, gas radioaktif yang tidak berwarna serta tidak bau. Gas ini tercipta dengan alami dari pembusukan serta penghancuran beberapa unsur radioaktif, contohnya seperti uranium.

 

Tetapi, terkena radon dalam tempo lama dapat mengakibatkan kerusakan sel paru-paru serta mengakibatkan kanker paru-paru. Ini disampaikan oleh situs American Cancer Society.

Nah, itu 10 hal yang berbentuk karsinogenik tanpamu sadari. Jauhi beberapa hal itu bila tidak ingin terserang kanker, ya!

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Nantikan terus artikel kami selanjutnya.

Advertisements

Tinggalkan Balasan