Daftar 8 Keragaman Budaya Di Kalimantan Barat Yang Menarik

Kalimantan Barat adalah propinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan serta Kota Pontianak jadi ibu kota propinsi. Wilayah ini bersebelahan langsung dengan Sarawak yang disebut sisi dari negara Malaysia. Kalimantan barat memiliki banyak sungai kecil serta sungai besar. Sungai ini digunakan jadi jalan penting angkutan atau kendaraan untuk masuk ke pedalaman.

Dengan adanya banyak sungai di tempat ini, beberapa orang mengatakan jadi propinsi seribu sungai. Negara Indonesia benar-benar kaya dengan beberapa jenis suku serta kebudayaan, terutamanya propinsi Kalimantan Barat. Kalimantan Barat memiliki kesenian serta kebudayaan yang dipunyai oleh wilayah ini. Artikel ini akan memberi penjelasan tentang keragaman budaya yang ada di Kalimantan Barat.

Kalimantan Barat memiliki banyak keragaman budaya seperti kesenian, kebudayaan dan lain-lain. Di bawah ini beberapa keragaman budaya yang datang dari Kalimantan Barat.

Keragaman Budaya Kalimantan Barat

[wbcr_html_snippet id=”22″ title=”iklan artikel”]

  1. Bahasa

Bahasa Indonesia ialah bahasa yang pada umumnya digunakan oleh warga di Kalimantan Barat. Sedang untuk bahasa penghubungnya menggunakan bahasa Melayu Pontianak, Melayu Sambas dan Bahasa Senganan, sesuai daerah penyebarannya.

  1. Rumah Tradisi

Kalimantan Barat memiliki rumah tradisi yang namanya rumah Betang. Bentuk serta ukuran besar rumah Betang ini berlainan. Ada rumah Betang yang panjangnya dapat sampai 150 mtr. serta lebar sampai 30 mtr.. Biasanya rumah Betang dibangun berbentuk panggung, yang punya ketinggian tiga sampai lima mtr. dari tanah. Tingginya bangunan rumah Betang ini, mempunyai tujuan untuk menghindarkan datangnya banjir pada musim penghujan.

  1. Baju Tradisi

Baju tradisi untuk Kalimantan Barat ialah King Baba serta King Bibige. King Baba untuk lelaki sedang King Bibige untuk wanita. Baju itu dibikin dari kulit kayu yang diolah sampai jadi lunak seperti kain. Kulit kayu yang bisa dipakai jadi kain untuk bikin cawat, celana, pakaian, dan selimut, ialah kayu kapua atau ampuro.

  1. Senjata Tradisional

Senjata tradisional yang datang dari Kalimantan Barat diberi nama Mandau. Mandau ialah semacam pedang yang memiliki kekhasan yang ada di ukiran serta kekhasannya. Hulunya atau gagangnya dibuat dari sundul rusa yang diukir, sedang besi untuk pedangnya dibikin dari besi yang ditambang sendiri. Besi yang ditambang terbagi dalam dua tipe, yakni Bahtuk Nyan yang populer keras dan tapi gampang patah. Dan Umat Motihke yang populer lentur, beracun serta tidak berkarat.

  1. Tari Tradisional

Kalimantan Barat memiliki beberapa tari tradisional. Salah satunya, Tari Monong serta tari Kinyah Uut Danum. Tari Monong ialah tari pengobatan serta punya peranan jadi penolak atau penyembuh dan penangkal penyakit agar pulih kembali. Penari ini seperti dukun dengan jampi-jampinya. Tarian ini ada saat penari sedang dalam kondisi tidak sadar.

Sedang tari Kinyah Uut adalah tarian perang yang memberikan kelincahan dan kesiagaan dalam hadapi lawan.

[wbcr_html_snippet id=”22″ title=”iklan artikel”]

  1. Alat Musik Tradisional

Kalimantan Barat memiliki banyak alat musik ciri khas wilayah itu. Beberapa salah satunya misalnya: Sapek-Sapek, gong-gong, serta kolantung. Sapek-sapek ialah alat musik petik tradisionil dari Kapuas hulu dari warga Dayak Kayaan Dalam. GongGong serta Kollatung ialah alat musik jam yang dibuat dari kuningan.

Gong-Gong serta kollantung adalah alat musik yang multifungsi. Bisa jadi mas kawin, jadi dudukan lambang semangat dalam pernikahan, atau jadi bahan pembayaran dalam hukum tradisi.

  1. Tarian Tradisional

Tari tradisioanal Kalimantan Barat ialah Robo-robo. Tari robo-robo ini diselenggarakan pada Rabu paling akhir bulan Sapar atau Hijriah, jadi lambang keberkahan. Menurut narasi, tarian ini ialah peringatan atau napak tilas kehadiran Pangeran Mas Surya Negara. Pangeran Mas Surya Negara datang dari Kerajaan Matan atau Martapura ke Kerajaan Mempawah atau Pontianak. Tarian Robo-robo dipakai untuk kembali kenang hari wafatnya Opu Daeng Manambun.

  1. Kerajinan Tangan

Warga Kalimantan Barat benar-benar pakar dalam membuat suatu kerajinan yang ciri khas dari daerahnya. Serta beberapa warga di Kalimantan bermata pencaharian jadi pembuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang biasa di bikin oleh masyarakat yakni Tikar lampit yang dibuat dari rotan. Dan kerajinan tangan berbentuk anyaman yang dibuat dari bambu yang membuahkan tas maupun keranjang.


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.