Daftar 5 Budaya Indonesia yang Mendunia

Indonesia adalah negara yang kaya alam serta budanyanya. Jadi negara yang dilintasi oleh garis khatilistiwa Indonesia bukan sekedar tawarkan pesona keindahan alamnya yang telah populer ke beberapa seluruh dunia, Indonesia memiliki keaneka ragaman budaya dari Sabang sampai Merauke.

Indonesia sendiri tertera jadi saah satu negara paling kaya macam budaya di dunia. Beberapa budaya Indonesia juga disadari oleh dunia serta telah tertera oleh UNESCO, serta cukup banyak masyarakat negara asing (WNA) yang tertarik dengan kekayaan budaya Indonesia serta tidak segan-segan keluarkan ongkos untuk tinggal di Indonesia untuk belajar budaya yang dikaguminya ini.

Jadi masyarakat Indonesia telah selayaknya kita ikut bangga denga kebudayaan yang sudah berada di negara terkasih ini, serta telah semestinya ingin mewarisi budaya ini dengan mempelajarinya supaya tidak kalah dengan masyarakat negara asing yang malah sangta menghargainya. Berikut bisa kita baca warisan-warisn budaya Indonesia yang mendunia di bawah ini.

1. Wayang


Wayang adalah seni pementasan yang dimainkan oleh seorang dalang serta umumnya disertai musik gamelan serta suara merdu soerang pesinden. Cerita yang dikisahkan dalam lakon pewayangan umumnya sekitar mengenai cerita beberapa punakawan seperti Petruk, Semar, bagong, serta Gareng.

Wayang telah disadari oleh UNESCO jadi warisan budaya dari bangsa Indonesia pada tahun 2003 serta sudah terkenal oleh warga dunia. Serta sekarang banyak orang asing yang ikut pelajari kesenian yang datang dari tanah Jawa ini, umumnya beberapa Wara Negara Asing (WNA) yang tertarik dengan kesenian ini akan tinggal didaerah khusus tuntut pengetahuan kesenian wayang jadi mahasiswa atau langsung pada orang dalang populer serta oke.

2. Angklung


Angklung adalah alat musik kesenian tradisionil dari Jawa Barat bersuara ganda yang dimainkan dengan digoyangkan (baca: nama alat musik tradisionil ). Alat musik Angklung Indonesia sudah mendapatkan pernyataan sah dari UNESCO jadi sisi dari World Heritage pada 19 Januari 2011.

Sertifikat juga diberikan oleh bekas Duta Besar RI untuk UNESCO, Tresna Dermawan Kunaefi pada Menteri Pendidikan Nasional pada saat itu, yakni Muhammad Nuh. Tidak hanya jadi warisan budaya alat musik Indonesia yang disukai oleh sejumlah besar golongan Angklung juga nyatanya disukai di luar negeri, beberapa negara seperti Korea, Jepang, serta Malaysia sudah memperkenalkan angklung pada beberapa anak umur sekolah di negara mereka semasing.

3. Keris


Keris ialah senjata tradisionil dari Indonesia yang dipercaya memiliki kandungan kemampuan magic atau supranatural. Keris umumnya dipakai oleh beberapa anggota kerajaan jadi senjata pusaka yang dituakan. Keris sendiri sudah dipakai di Indonesia semenjak era ke-9, keris dibuat dari logam bermutu, serta untuk keris kuno, banyak diketemukan dibuat berbahan logam meteor yang jatuh kebumi.

Menurut beberapa periset keris kuno seridaknya memiliki kandungan faktor logam titanium, satu bahan yang baru pada era 20 dipakai jadi bahan pelapis kendaraan untuk luar angkasa . Gagang keris sendiri umumnya dibuat dari tulang belulang, kayu, atau sundul binatang. UNESCO mengaku Keris jadi “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada tanggal 25 November 2005.

4.Tari Saman


Tari Saman adalah tarian yang datang dari suku Gayo yang biasa ditunjukkan untuk rayakan peristiwa-peristiwa penting dalam tradisi wilayah ditempat. Syair yang dipakai dalam tarian Saman memakai kombinasi bahasa Arab serta bahasa Gayo (baca: Arti tari saman dari aceh). Dalam beberapa rujukan mengatakan jika tari Saman di Aceh dibangun serta ditingkatkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang datang dari wilayah Gayo di Aceh Tenggara.

Tarian saman terhitung jadi salah satunya tarian yang cukup unik,kerena cuma tampilkan gerak tepok tangan beberapa gerakan yang lain tanpa perubahan serta liak-liuk anggota badan lain serta kaki, penamaan dari pergerakan pada tarian saman ini ada guncang, kirep, lingang, surang-saring (semua nama pergerakan tari saman dalam bahasa Gayo)

Tari Saman dari Gayo Lues serta sekelilingnya di Propinsi Aceh sah disadari serta masuk dalam daftar warisan budaya tidak benda yang membutuhkan perlindungan menekan UNESCO, pada Sidang besar tahunan yang didatangi lebih dari 500 anggota delegasi dari 69 negara, LSM internasional, ahli budaya serta media di Bali pada 22 – 29 November 2011

5. Reog Ponorogo


Reog Ponorogo adalah salah satunya warisan budaya Indonesia yang datang dari wilayah Jawa Timur, Reog Ponorogo salah satu kesenian tradisionil yang berbentuk tarian yangsampai sekarang terus dijaga kelestariannya oleh warga ditempat.
Jadi wilayah yang populer jadi kota asal reog ponorogo gerbang kota ini dihiasi oleh dua figur yang umumnya tampil dalam atraksi reog, yakni figur Warok serta Gemblak.

Dalam pertunjukan Reog Ponorogo tidak ada skenario tarian yang tentu serta paten, umumnya seniman reog mementaskan berdasar aadegan yang sudah dipelajarinya dengan penambahan gerak mengayun-ayunkan sisi kepala reog, terkadang pertunjukan reog mengikutkan beberapa pemirsa, pemain reog terkadang berhubungan dengan pemirsa, tentunya dengan tetap memerhatikan intruksi dari pemain serta dalang.

Kenikmatan dari pemirsa ialah hal harus dalam pertunjukan reog, adegan untuk adegan dipentasakan dengan bagus oleh penari reog seperti adegan singa barong yang disebut adegan yang benar-benar disenangi oleh pemirsa, adegan ini berbentuk pemain reog menggunakan topeng berupa kepal singa dengan mahkota yang dibuat dari bulu burung merak, yang beratnya dapat sampai 50-60 kg.
atraksi reog menggunkan topeng yang dibawa oleh penarinya memakai gigi. Tidak hanya memerlukan latihan serta fisik yang kuat, diakui kemampuan bawa beban oleh seorang penari reog didapatkan ari latihan spiritual berbentuk puasa dan bertapa.


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.