Daftar 10 Tari Tradisional Indonesia Paling Terkenal

TARIAN atau pergerakan badan salah satu seni pertunjukkan yang disamakan dengan iringan lantunan alat musik. Umumnya tarian berperan untuk menyongsong tamu, peringatan hari atau momen khusus atau bentuk ritual keagamaan. Di Indonesia jadi salah satunya adat dalam bersosialisasi serta membudayakan kesenian tradisionil. Berikut 10 tarian tradisional Indonesia paling populer versus survey KORAN SINDO.

  1. Tari Jaipong

Jawa BaratSiapa yang tidak mengenal tari Jaipong? Tarian ciri khas dari Jawa Barat ini diketahui dengan pergerakan yang dinamis serta menarik sebab datang dari kombinasi pencak silat, tari ronggeng serta tari ketuk tilu. Umumnya tarian ini dibawakan dengan per orangan atau group serta ditunjukkan waktu penyambutan tamu besar sampai festival budaya.

  1. Tari Kecak

BaliBukan cuma populer dengan keindahan alamnya, Bali dikenal juga dengan macam budayanya. Diantaranya tari kecak. Tarian yang tampilkan drama tari dari narasi Ramayana ini jadi salah satunya daya tarik pelancong di Bali. Tari Kecak disebutkan dengan tari Sang Hyang yang dikerjakan waktu upacara keagamaan.

  1. Tari Remong

Jawa TimurTari remong atau yang biasa disebutkan dengan tari remo ialah tarian yang memvisualisasikan seorang pangeran yang berusaha di medan perang. Tarian ini seringkali ditunjukkan jadi pengantar atraksi dalam pergelaran kesenian Ludruk atau tarian selamat hadir untuk menyongsong tamu. Biasanya, tari ini dibawakan penari lelaki dengan pergerakan yang gagah berani.

  1. Tari Pendet

BaliTarian yang populer dari Bali ini biasa ditunjukkan jadi tarian selamat hadir atau tarian penyambutan ciri khas Bali. Tari pendet biasa dibawakan penari wanita dengan bawa mangkok kecil berisi beberapa jenis bunga sebagai ciri uniknya. Awalannya, tari pendet adalah tarian sebagai sisi dari upacara di pura jadi pernyataan rasa sukur serta penghormatan dalam menyongsong kedatangan beberapa dewata yang turun dari khayangan.

  1. Tari Gambyong

Jawa TengahMasyarakat Jawa diketahui dengan kelembutan serta keluwesannya. Hal itu dilukiskan dalam satu kesenian, yakni tari gambyong. Tarian ini dibawakan beberapa penari wanita dengan pergerakan yang anggun serta memanjakan mata. Di waktu Kraton Surakarta, tari gambyong seringkali jadikan jadi tarian hiburan serta tarian penyambutan tamu kehormatan. Tetapi bersamaan dengan perubahan jaman, tarian ini.

  1. Tari Serimpi

YogyakartaTarian classic ini berbentuk sakral yang memvisualisasikan kesopanan serta kelemahlembutan. Hal itu bisa disaksikan dari gerakannya yang perlahan serta lemah lembut. Dahulu tarian ini cuma ditunjukkan di lingkungan Keraton Yogyakarta untuk acara kenegaraan serta peringatan kenaikan tahta Sultan. Sebab sifatnya yang sakral, penarinya juga diambil oleh keluarga kerajaan. Tetapi sesudah Kerajaan Mataram pecah, tarian ini mulai alami perkembangan dalam sisi pergerakan walau pokok dari tarian ini masih sama.

  1. Tari Yapong

Jakarta Tipe tarian kontemporer ini melambangkan suka ria serta pertemanan warga Betawi di Jakarta. Pergerakan dalam tarian ini simpel tetapi benar-benar dinamis. Beberapa penari menari dengan ekspresi senang dengan mainkan kaki serta tangan dengan berganti-gantian. Tarian ini punya pergerakan benar-benar bervariatif sebab tari Yapong adalah tarian kontemporer. Tarian ini terus bertumbuh dengan beberapa kreasi dalam tiap pertunjukannya.

  1. Tari Tor Tor

Sumatera Utara Satu pertunjukkan tari yang unik dari Sumatera Barat sebab memakai property berbentuk piring dalam tariannya. Piring-piring yang dipakai beberapa penari itu diayun dengan beberapa gerakan yang cepat tetapi teratur. Tari tradisionil dari Minangkabau ini dibawakan oleh beberapa penari yang bawa dua piring di tiap telapak tangannya.

  1. Tari Piring

Sumatera Barat Satu pertunjukkan tari yang unik dari Sumatera Barat sebab memakai property berbentuk piring dalam tariannya. Piring-piring yang dipakai beberapa penari itu diayun dengan beberapa gerakan yang cepat tetapi teratur. Tari tradisionil dari Minangkabau ini dibawakan oleh beberapa penari yang bawa dua piring di tiap telapak tangannya.

  1. Tari Saman

Aceh Tarian yang dibawakan sekumpulan orang yang banyaknya ganjil ini telah melangkah sampai ke luar negeri. Kekhasan tarian ini kelihatan dari pemakaian tangan penari untuk membuat beberapa suara yang padu. Bila umumnya tari tradisionil lain penarinya bergerak bebas, tari saman dibawakan penarinya dengan duduk. Tidak hanya memakai pergerakan tangan, beberapa penari share pekerjaan, ada yang mengaum, menyanyikan lagu, dan lain-lain.


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.