Daftar 10 Budaya Indonesia yang Populer di Luar negeri

Indonesia populer akan keragaman budayanya. Serta budaya Indonesia populer ke luar negeri.

Tidak cuma populer tetapi sudah disadari dunia. Serta ada yang pelajari budaya Indonesia. Berikut budaya Indonesia yang populer di luar negeri:

  1. Tari Kecak Bali


Tari Kecak adalah obyek wisata yang telah tersohor di luar negeri. Budayanya yang telah populer yaitu Tari Kecak. Tari Kecak ialah satu tarian yang dibawakan jadi sendratari yang ditampilkan massal serta ada faktor drama di dalamnya.

Tari ini termasuk sendratari sebab dari keseluruhnya atraksi akan memvisualisasikan seni peranan dari narasi pewayangan seperti tokoh Rama serta Sinta. Disamping itu mempertontonkan kebal fisik beberapa penarinya yang tidak terbakar api. Tari ini spesial dipakai untuk ritual keagamaan warga Hindu di Bali.

Tari Kecak memakai pekikan ‘cak cak ke cak cak ke’ jadi musik pengiring. Oleh oleh karena itu tari ini disebutkan Tari Kecak.

[wbcr_html_snippet id=”22″ title=”iklan artikel”]

  1. Tari Pendet

Tidak hanya Tari Kecak, Tari Pendet juga mendunia. Tari Pendet ialah satu tarian yang dibawakan oleh seorang wanita yang ditampilkan jadi pekerjaan pemujaan di Pura. Sekarang Tari Pendet bertumbuh jadi tari penyambutan atas turunnya Dewa ke dunia serta penyambutan untuk tamu jadi perkataan selamat hadir.

  1. Tari Barong

Satu tarian dari Bali yang populer di luar negeri yaitu Tari Barong. Tari Barong ialah tarian ciri khas Bali yang telah ada semenjak peradaban kebudayaan pra hindu. Tarian ini memvisualisasikan pertempuran di antara kebaikan menantang kebathilan. Barong jadi simbol kebaikan menantang Rangda jadi lambang kejahatan.

  1. Wayang

Wayang adalah budaya Indonesia yang telah tersohor. Serta Wayang telah disadari oleh UNESCO jadi warisan budaya Indonesia pada tahun 2003 serta sudah terkenal oleh warga dunia. Serta orang asing belajar wayang.

Wayang ialah seni pementasan yang dimainkan oleh seorang dalang dengan disertai musik gamelan dan suara seorang pesinden. Cerita yang dikisahkan dalam lakon pewayangan mengenai Petruk, Semar, Bagong, serta Gareng.

[wbcr_html_snippet id=”22″ title=”iklan artikel”]

  1. Angklung

Angklung ialah alat musik kesenian tradisionil dari Jawa Barat. Alat musik itu sudah mendapatkan pernyataan dari UNESCO jadi sisi dari World Heritage pada 19 Januari 2011. Sertifikat diberikan bekas Duta Besar RI untuk UNESCO, Tresna Dermawan Kunaefi pada Menteri Pendidikan Nasional saat itu, Muhammad Nuh.

  1. Keris

Keris dipakai beberapa anggota kerajaan jadi senjata pusaka yang dituakan. Keris ialah senjata tradisionil yang dipercaya memiliki kandungan kemampuan magic. Senjata pusaka ini memperoleh pernyataan dari UNESCO jadi ‘Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity’ pada 25 November 2005.

Keris sudah dipakai di Indonesia semenjak era ke-9 serta dibuat dari logam. Gagang keris dibuat dari tulang belulang, kayu, atau sundul binatang.

  1. Tari Saman

Tari Saman adalah tarian yang datang dari Gayo, Aceh. Tari ini disadari serta masuk dalam daftar warisan budaya tidak benda yang membutuhkan perlindungan menekan UNESCO pada 22-29 November 2011.

Tarian Saman tampilkan gerak tepok tangan beberapa gerakan yang lain tanpa perubahan serta liak-liuk anggota badan lain serta kaki. Tari ini biasa ditunjukkan untuk rayakan peristiwa-peristiwa penting dalam tradisi wilayah ditempat. Syair dalam Tari Saman memakai kombinasi bahasa Arab serta bahasa Gayo.

  1. Reog Ponorogo

Reog Ponorogo adalah budaya Indonesia yang datang dari wilayah Jawa Timur. Reog Ponorogo salah satu kesenian tradisionil yang berbentuk tarian.

Dalam pertunjukan Reog Ponorogo tidak ada skenario tarian yang tentu serta paten. Umumnya seniman Reog mementaskan berdasar aadegan yang sudah dipelajarinya dengan penambahan gerak mengayun-ayunkan sisi kepala Reog. Pemain Reog menggunakan topeng berupa kepala singa dengan mahkota yang dibuat dari bulu burung merak. Berat mahkotanya dapat sampai seputar 50-60 kg.

[wbcr_html_snippet id=”22″ title=”iklan artikel”]

  1. Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana ialah kombinasi dari pertunjukan tari serta drama tanpa ada diskusi yang diambil dari cerita pewayangan Ramayana. Sendratari ini dipentaskan pada tahun 1961 di Candi Prambanan pada tahun 1961. Pementasannya ada di panggung terbuka dengan pemandangan Candi Prambanan.

  1. Batik

Batik ialah budaya Indonesia yang populer di luar negeri. Dahulunya batik sering digunakan jadi baju resmi. Tetapi sekarang batik dapat juga digunakan untuk acara informal. Batik dibuat dari langkah yang benar-benar unik yakni tuliskan lilin panas ke atas kain memakai canting.


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.